Amalan Doa Agar Kuat Menahan Lapar Dan Haus Saat Puasa

amalan doa agar kuat menahan lapar

Dalam berpuasa kita harus bisa menahan hawa nafsu, menahan makan dan minum. Di mulai dari sahur sampai berbuka. Sekitar 13 jam lamanya kita menahan makan dan menahan minum. Untuk itu diperlukan niat yang kuat agar dapat menahan lapar dan dahaga.

 

Didalam kesempatan kali ini akan diberikan amalan doa agar kuat menahan lapar dan haus saat puasa. Pastinya didalam doa ini untuk menumbuhkan sugesti, agar kita kuat dalam menjalani ibadah puasa yang sedang kita jalankan bersama ini.

 

Amalan Doa Agar Kuat Menahan Lapar Dan Haus Saat Puasa

 

1. Pastikan untuk makan sahur

Jangan lupa untuk sahur, karena kita akan menahan lapar dan haus selama 13 jam, maka tubuh kita perlu mendapatkan asupan nutrisi untuk tenaga kita nanti.

2. Minum madu

Madu sangat baik untuk tubuh dan sebagai anti bakteri. Konsumsi madu 2 sendok setelah sahur dan saat berbuka.

3. Tidur yang Cukup

Atur jam tidur kita, supaya mendapatkan istirahat tidur yang cukup. Karena menurut penelitian tidur yang cukup akan membuat tubuh tidak cepat lapar.

4. Makan Kacang Merah

Karbohidrat kompleks pada kacang merah akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Bisa juga mengkonsumsi: beras merah, kol, lobak, dsb.

tasbih-karomah

5. Terapkan Pola Minum 2-4-2

Minum air 2 gelas saat berbuka, 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas lagi di saat makan sahur perlu dilakukan. Agar tubuh tetap mendapatkan cairan yang cukup.

6. Alihkan Perhatian dari Rasa Lapar dan Haus

Mengalihkan perhatian ini bisa kita coba dengan menarik nafas dan keluarkan perlahan-lahan. Dan membayangkan sesuatu yang menenangkan. Atau bisa dengan membaca doa untuk menahan lapar dan haus.

7. Makan Mendekati Waktu Imsak

Makan sahur mendekati waktu imsak akan lebih baik karena tubuh akan mendapat cadangan energi lebih banyak sehingga, saat menjalani aktivitas seharian tubuh pun lebih siap dan berstamina.

8. Makan Oatmeal

Makan oatmeal dikala sahur akan memberikan cukup energi bagi kita saat berpuasa. Makan oatmeal juga bisa dicampurkan dengan buah-buahan.

9. Makan Nasi Merah

Kandungan dalam nasi merah yang tinggi serat dan rendah gula, sangat baik untuk memberikan rasa kenyang yang lebih lama saat puasa.

10. Makan Kurma

Kurma merupakan buah yang sangat luar biasa manfaatnya. Didalam kurma juga mengandung karbohidrat kompleks yang bisa menahan lapar lebih lama.

11. Membaca Doa

“ALLADZII KHALAQANII FAHUWA YAHDIINII WALLADZII HUWA YUTH’IMUNII WAYASQIINII”

“Allah Dzat yang telah menciptakan aku, maka Dia-lah yang menunjukkanku dan Dia-lah yang memberi makan dan minumku.”

Dengan membaca doa InsyaAllah akan segala permasalahan akan terselesaikan atas izin Nya.

 

Demikianlah Amalan Doa Agar Kuat Menahan Lapar Dan Haus Saat Puasa yang bisa Anda coba. Yang terpenting dalam menjalankan ibadah puasa adalah niat yang tulus dan ikhlas.

Untuk melancarkan segala hajat hidup Anda, bisa menggunakan Tasbih Nur Hikmah. Merupakan sarana yang memberikan manfaat nyata dalam kehidupan.

KONSULTASI SILAHKAN HUBUNGI KAMI


Lihat Juga Kumpulan Ajian Ampuh :