Doa agar Tidak Terjerat Hutang Riba

doa agar kita dijauhi dari riba

Riba menjadi permasalahan yang sangat sering dijumpai dalam kehidupan kita. Salah satu hal yang sering berkaitan dengan riba adalah penggunaan kartu kredit yang bisa membawa malapetaka dalam kehidupan kita. Bunga yang terus-terusan kita bayar setiap bulannya tanpa kita sadari membuat kita menjadi manusia yang berdosa.

Meminjam uang kepada rentenir menjadi contoh lain dalam praktik riba yang ada di kehidupan nyata. Islam merupakan agama yang indah. Segala hal sudah diatur sesuai kodratnya gara tidak ada manusia yang ingin melebihi kodratnya yang sudah diciptakan dalam batas manusia.

Salah satu permasalahan yang sudah dibahas dengan jelas dalam islam adalah riba. Riba adalah haram sehingga seseorang yang masih saja menjalankan praktik riba akan mendapatkan dosa yang sangat besar.

Lalu apakah Anda doa agar kita dijauhi dari riba? Berikut doa yang dapat Anda amalkan. 

Al Imran Ayat 130 

Surah Al Imran mengandung banyak sekali doa untuk umat islam agar dapat memohon kepada Allah tentang permasalahan duniawi khususnya dalam masalah hutang dan riba. Salah satu ayat yang bisa Anda lafal kan ketika shalat dan setelah shalat adalah Al Imran ayat 130. Dari Surah Al Imran Ayat 130, sudah jelas manusia tidak boleh terjerumus dalam hal riba.

Apabila Anda tergoda dengan adanya riba yang dekat di mata, segera ingatkan diri dengan membaca ayat Quran dan terus beribadah kepada Allah SWT. Terkadang urusan riba kita lakukan tanpa sadar karena terkena tipu daya setan. Menjaga keimanan bisa menghindari riba seperti ini. 

Al Imran Ayat 131

Surah Al Imran Ayat 131 menjelaskan tentang kita sebagai manusia yang harus memiliki batasan dan perlindungan diri agar terhindari dari hal-hal yang haram. Al Imran Ayat 131 memiliki arti mengamalkan perbuatan saleh seperti selalu mengingat Allah dengan menjalankan kewajiban Allah yaitu Shalat 5 waktu, berpuasa, zakat, dan yang lainnya akan membuat Anda tidak terjerumus dalam hal riba.

Sesungguhnya banyak sekali umat Muslim yang terkena riba karena tidak mengamalkan apa yang mejadi kewajibannya. Karena hal itu bisa membuat seorang manusia jauh dari kebenaran. Surah ini dapat menjadi doa agar kita dijauhi dari riba.

Apabila Anda mampu untuk menghafalkan kedua ayat diatas lalu dibacakan ketika shalat, hal ini bisa menjadi pahala lebih untuk Anda. Tetapi membaca doa ini setelah shalat saja sudah cukup untuk menjauhkan Anda dari riba. Sebaiknya diri Anda sendiri juga harus kuat untuk menahan hal yang berkaitan dengan riba ini.

Gunakan lah bank berstandar syariah agar mendekatkan diri Anda kepada kebenaran dan bacalah Al Imran 130 dan 131 sebagai doa agar kita dijauhi dari riba.

KONSULTASI SILAHKAN HUBUNGI KAMI


Lihat Juga Kumpulan Ajian Ampuh :