• Home »
  • Amalan »
  • Pengenalan Amalan Dan Prosedur Keselamatan Yang Wajib Diketahui

Pengenalan Amalan Dan Prosedur Keselamatan Yang Wajib Diketahui

perlindungan diri dari bahayaAmalan merupakan sebuah perbuatan atau bacaan yang harus dikerjakan dalam melakukan rangkaian ibadah atau kegiatan. Setiap amalan memiliki rukun atau syarat yang berbeda, tergantung jenis amalan yang dilakukan dan untuk tujuan apa melakukannya.

Pengenalan amalan sangat penting untuk Anda yang ingin mengamalkan suatu amalan, karena seperti kita ketahui bahwa amalan-amalan tertentu memiliki kekuatan dan khasiat yang besar. Selain itu melakukan amalan juga merupakan bentuk ikhtiar batin yang penting untuk dilakukan agar hajat segera tercapai. Adapun jenis amalan sangat banyak dan bervariasi, termasuk diantaranya adalah jenis amalan keselamat.

Sebagaimana kita ketahui bahwa dalam agama Islam terdapat amalan-amalan untuk memohon keselamatan atau disebut sebagai pagar diri. Amalan ini juga dibagi menjadi banyak bagian, diantaranya adalah untuk prosedur keselamatan kerja.

Pada jenis pekerjaan tertentu diketahui memiliki resiko tinggi terhadap terjadinya kecelakaan, misalnya seorang pekerja konstruksi, pekerja tambang, ABK, tenaga kelistrikan, pekerja lalu lintas, supir lintas kota dan sebagainya. menyadari besarnya resiko kecelakaan atau cedera yang mungkin terjadi, maka sangat wajar jika kemudian para pekerja ini melakukan amalan untuk perlindungan dan keselamatan diri. Ini merupakan salah satu bentuk ikhtiar seseorang agar terhindar dari marabaya. Sehingga dalam agama Islam, hukumnya adalah mubah atau boleh, bahkan dalam kondisi tertentu hukumnya bisa menjadi wajib.

Ada banyak sekali doa untuk memohon keselamatan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Selain doa-doa, terdapat juga ayat Al Quran yang memiliki kekuatan dan khasiat besar untuk memberikan perlindungan terhadap seseorang dari resiko kejahatan maupun marabahaya lainnya. Dengan rutin mengamalkan doa serta senantiasa bertaqwa dan memohon keselamatan dari Allah SWT, InsyaAllah kita akan bisa terhindar dari berbagai marabahaya.

Selain itu ikhtiar prosedur keselamatan lainnya juga bisa diperoleh melalui seorang guru atau pakar spiritual yang memiliki ilmu khusus dan memahami betul perihal pengenalan amalan dan prosedur keselamatan. Adapun yang diberikan adalah berupa bimbingan serta doa-doa mustajab. Beberapa guru spiritual juga mungkin akan memberikan sarana untuk keselamatan dan perlindungan diri baik berupa rajah, mustika maupun bentuk sarana lainnya.

Diyakini amalan ini memiliki energi besar yang akan senantiasa melindungi penggunanya dari berbagai marabahaya, menjauhkan dari gangguan mahluk gaib dan bahkan beberapa jenis amalan juga menjadikan pengamalnya menjadi lebih kuat dan kebal terhadap berbagai jenis senjata tajam. Wallahua’lam.

Pengenalan amalan dan prosedur kesemalatan melalui amalan-amalan merupakan bentuk ikhtiar spitual yang tentu saja harus dibarengi dengan bentuk ikhtiar zahir yakni dengan menjalankan prosedur keselamatan dengan baik dan benar. Perihal keselamatan terutama dalam dunia kerja bahkan telah diatur dalam undang-undang. Ini menjadi tanggung jawab perusahaan atau bos maupun pekerja atau karyawan.

Adapun upaya prosedur keselamatan yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan perlengkapan safety atau alat pelindung kerja (APD) yang memadai. Pemilihan jenis alat pelindung diri harus disesuaikan dengan jenis pekerjaan dan lingkungan kerja. Selain menggunakan alat pelindung diri mengkondisikan lingkungan dan perlengkapan kerja juga harus dilakukan. Pastikan semua berada dalam koridornya, berfungsi sebagaimana mestinya. Yang paling penting adalah bahwa Anda harus selalu berhati-hati dalam menjalankan tugas atau dalam beraktivitas.

Dengan memahami dan mengamalkan pengenalan amalan dan prosedur keselamatan secara baik dan benar, maka InsyaAllah atas ijin Allah Anda akan senantiasa terlindungi dari berbagai bentu marabahaya baik yang bersifat zahir maupun gaib.

KONSULTASI SILAHKAN HUBUNGI KAMI


Lihat Juga Kumpulan Ajian Ampuh :