Tradisi Ritual Ruwatan Untuk Membuang Kesialan

ruwatan garam berkahRuwatan bagi masyarakat Jawa adalah sebuah ritual yang bertujuan untuk membuang kesialan dalam diri seseorang ataupun sebuah tempat seperti rumah dan tempat usaha. Ritual ruwatan sendiri layakanya buka aura bagi manusia yang mampu membersihkan energi negatif dari dalam maupun dari luar seperti santet, gendam, pelet dan sebagainya.

Ruwatan juga kerap disimpulkan juga sebagai usaha untuk menangani atau menghindari suatu hal kesusahan (batin) yang mungkin saja bakal di terima seorang didalam mengarungi kehidupannya. Ruwatan umumnya senantiasa diikuti dengan pertunjukan wayang kulit yang mengambil lakon spesifik (umpamanya Murwakala atau Sudamala).

Timbulnya Ruwatan juga dikarenakan oleh ada kepercayaan bahwa manusia yang dikira cacat keberadaannya (lantaran kelahirannya atau kekeliruannya dalam berperilaku) butuh “ditempatkan” atau dikembalikan dalam tata kosmis yang benar supaya perjalanan hidupnya jadi lebih tenang, tenteram, sehat, sejahtera, serta bahagia. Orang yang dikira cacad lantaran kelahiran serta lantaran kekeliruannya dalam melakukan tindakan dalam orang-orang Jawa dikatakan sebagai wong sukerta. Dalam kepercayaan Jawa wong sukerta ini bila tak diruwat bakal jadi mangsa Batara kala.

Sebelum melakukan Ruwatan,orang yang mengadakan acara tersebut harus mempersiapkan ubo rampe yang dibutuhkan, salah satunya yaitu sajen. Sajen untuk ritual Ruwatan biasanya terdiri atas : tuwuhan, ratus/kemenyan wangi, kain mori putih dengan panjang seputar 3 mtr., kain batik 5 (lima) helai), padi segedeng (4 ikat sebelah-menyebelah ujung gawang kelir), berbagai macam nasi, berbagai macam jenang, jajan pasar, benang lawe, beragam unggas sepasang-sepasang, aneka rujak, sajen buangan, air tujuh sumber, aneka umbi-umbian, aneka peralatan pertukangan, aneka peralatan pertanian, dsb.

Bagi anda yang merasa hidupnya selalu dirundung kesialan atau tempat usahanya sepi pembeli, maka bisa juga melalukan ritual ruwatan yang lebih sederhana dan tidak merepotkan sperti diatas. Caranya yaitu hanya dengan menggunakan garam ruwatan, dimana garam ini merupakan hasil olah spiritual yang mampu membersihkan segala bentuk energi negatif.

Caranya cukup dengan melakukan penyucian diri dengan mandi, dimana airnya telah diberi garam ruwatan. Dan setelah itu tubuh akan merasa segar seperti sembuh dari sebuah penyakit. Dan untuk tempat usaha, garam ruwatan ini bisa ditaburkan di sudut bangunan untuk menolak kekuatan ghaib kiriman atau gangguan makhluk ghaib. Dengan menggunakan sarana ini tidak perlu lagi melakukan ritual yang memberatkan, hanya diniatkan untuk meminta pertolongan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

KONSULTASI SILAHKAN HUBUNGI KAMI


Lihat Juga Kumpulan Ajian Ampuh :